Menu Tutup

Berikut Panduan Jika Berencana Mengunjungi Mauritius?

Salah satu negara paling multikultural di dunia, sejarah Mauritius tercermin dalam monumen budaya dan tradisi kulinernya. Dari situs warisan UNESCO yang menakjubkan hingga gunung berapi yang menakjubkan, berikut panduan tentang apa yang harus dilihat dan dilakukan di Mauritius.

liburan ke mauritius

Mauritius terletak di selatan Samudera Hindia, terkenal karena keindahan alam dan pemandangannya yang indah. Dikelilingi oleh terumbu karang yang menakjubkan dan perairan biru jernih, negara kepulauan ini menawarkan perpaduan unik antara sejarah dan budaya serta penekanan kuat pada praktik pariwisata berkelanjutan. Hal ini bersama dengan faktor-faktor lainnya sehingga menjadikan Mauritius terpilih sebagai salah satu negara yang banyak dikunjungi wisatawan.

Tempat Peleburan Beragam Budaya

Mauritius adalah salah satu negara paling multikultural di dunia. Komunitas yang beragam secara budaya ini sebagian besar terdiri dari keturunan buruh India, pedagang Cina, budak Afrika, dan penjajah Belanda, Prancis, dan Inggris. Sejarah negara kepulauan ini terdokumentasi dalam monumen budaya dan tradisi kulinernya.

Tempat Wisata di Mauritius

Aapravasi Ghat

aapravasi ghat mauritius

Aapravasi Ghat adalah tempat para imigran kontrak pertama tiba di Mauritius. Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, tempat tersebut merupakan sisa-sisa depo imigran yang terletak di teluk Trou Fanfaron dekat ibu kota Port-Louis.

Depo ini dibangun pada tahun 1849 untuk menyambut pekerja kontrak dari India, Afrika Timur, Madagaskar, Tiongkok, dan Asia Tenggara. Bangunan Aapravasi Ghat dianggap sebagai salah satu indikasi awal dari apa yang akan menjadi sistem ekonomi global dan salah satu migrasi terbesar dalam sejarah.

Lanskap Budaya Le Morne

le morne mauritius

Terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia pada tahun 2008, Lanskap Budaya Le Morne adalah gunung terjal yang menjorok ke Samudera Hindia di barat daya Mauritius. Tempat ini digunakan sebagai tempat perlindungan oleh para budak dan maroon yang melarikan diri selama tahun ke-18 dan awal abad ke-19. Dilindungi oleh tebing gunung yang terpencil, berhutan, dan hampir tidak dapat diakses, para budak yang melarikan diri membentuk pemukiman kecil di dalam gua dan di puncak Le Morne.

L’Aventure du Sucre

laventure du sucre mauritius

Museum L’Aventure du Sucre di Pamplemousses akan memberi kalian wawasan menarik tentang bagaimana sejarah Mauritius terkait dengan gula. Terletak di dalam fasilitas pabrik gula bersejarah, kalian akan menyaksikan banyak langkah proses pembuatan gula.

Ikuti tur pemotongan tebu dan cobalah lebih dari 30 produk tebu. Perjalanan ke L’Aventure du Sucre ditonjolkan oleh ladang tebu yang subur dan danau yang masih asli. Rute ini dipenuhi dengan dusun-dusun yang indah.

Grand Bassin

grand bassin mauritius

Juga disebut sebagai Ganga Talao, Grand Bassin adalah danau kawah di distrik barat daya Savanne. Sebuah kuil dan kumpulan tempat suci yang didedikasikan untuk Dewa Siwa dan dewa lainnya tersebar di garis pantai.

Gunung Berapi Trou aux Cerfs

gunung berapi trou aux cerfs mauritius

Gunung berapi yang tidak aktif ini diperkirakan pernah meletus satu kali, sekitar 700.000 tahun yang lalu dan sejak itu tidak aktif. Dikelilingi oleh hutan hijau subur, kawah gunung berapi ini berada 605 meter di atas permukaan laut dan berisi sebuah danau kecil.

Domaine de Labourdonnais

domaine de labourdonnais mauritius

Bagi pecinta sejarah, kunjungan ke Domaine de Labourdonnais di Mapou adalah suatu keharusan. Château di Domaine de Labourdonnais dibangun antara tahun 1856 dan 1859. Rumah megah ini telah dipugar dengan luar biasa, menyediakan tur menelusuri sejarah pulau.

Hal yang harus dilakukan saat di Mauritius

Habiskan Sehari Di Grand Baie

grand baie mauritius

Grand Baie juga dikenal sebagai Grand Bay, terletak di pantai barat laut di teluk terlindung berbentuk tapal kuda di sekitar laguna zamrud. Habiskan waktu di sini sambil menikmati lingkungan yang ramai. Tempat ini menawarkan pilihan belanja yang luar biasa serta pilihan kafe dan restoran yang fantastis. Setelah matahari terbenam, kunjungi kelab pantai dan pub trendi yang ramai.

Kunjungi Air Terjun Chamarel

air terjun chamarel mauritius

Dialirkan oleh tiga aliran sungai yang mengalir ke Sungai Saint Denis, air terjun kembar ini mengalir di atas tebing basal dan turun sekitar 100 meter ke dalam danau oval di bawahnya. Lapisan batuan vulkanik di sini berumur 8-10 juta tahun.

Mendaki ke pangkalan untuk berenang santai di kolam renang dan melihat air terjun dari dekat. Berjalan-jalanlah dengan pemandu melintasi hutan hujan tropis dan kenali lebih banyak tentang kehidupan burung, air terjun, dan ekosistem di area tersebut di sepanjang perjalanan.

Berpetualang

Negara kepulauan ini adalah tujuan fantastis bagi para pencari petualangan. Jelajahi pegunungan, taman nasional, dan pantai, lakukan trekking di tempat-tempat suci seperti Ile’Ambre atau lakukan aktivitas yang lebih ekstrem, bermain golf di lapangan golf, tamasya penuh aksi seperti sirkuit Via Ferrata.

Kalian juga dapat mendaftar untuk bersepeda gunung, hiking sungai, canyoning, ziplining, dan olahraga lainnya di berbagai destinasi. Mendaki ke titik tertinggi di Mauritius yaitu Piton de la Petite Rivière Noire pada ketinggian 828 meter. Kalian akan menyukai sensasi berkendara quad melintasi lanskap bergelombang La Vallee des Couleurs, sebuah taman alam dengan empat air terjun dan zipline terpanjang ketiga di dunia.

Liburan Mewah

Beristirahatlah dengan mewah di Mauritius. Menginaplah di vila indah dengan kolam renang pribadi, bersantap di restoran gourmet, bermain di lapangan golf, bersantai di spa mewah dan hotel mewah, dan jelajahi garis pantai dengan kapal pesiar pribadi. Perjalanan dengan pesawat amfibi adalah salah satu cara terbaik untuk menjelajahi Mauritius dari atas dan akan melihat pusaran laguna berwarna biru kehijauan yang mencair menjadi lautan biru pekat.

Kuliner

Ikuti perjalanan kuliner dengan mencicipi makanan Mauritius di kedai pinggir jalan dan restoran. Masakan Mauritian benar-benar merupakan perpaduan cita rasa yang dipengaruhi oleh campuran budaya India, Tiongkok, Afrika, dan Eropa.

Dholl puris yang terkenal mirip dengan dal puris di India. Kalian juga akan menyukai biryani pedas dan mie goreng.

Cobalah gateaux piments (popper cabai Mauritian) yang mirip dengan falafel tetapi rasanya pedas. Boulettes adalah pangsit kukus kecil dengan berbagai isian seperti udang, daging domba, ayam, ikan, dan tahu.

Lengkapi santapan dengan hidangan manis seperti poudine mas yang creamy dan lezat yang dimasak dengan polenta/tepung jagung, susu, bumbu wangi, dan kelapa parut di atasnya.

Cara menuju ke Mauritius

Kalian bisa sampai ke Mauritius melalui udara. Bandara Internasional Sir Seewoosagur Ramgoolam (IATA: MRU, ICAO: FIMP) adalah bandara internasional utama yang melayani Mauritius.

Posted in Mauritius

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *