Menu Tutup

Mengenal Festival Air Songkran Yang Ada di Thailand

Songkran adalah Tahun Baru Thailand yang dirayakan sebagai hari libur nasional dari tanggal 13 hingga 15 April. Festival ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

festival air songkran thailand

UNESCO baru saja mendeklarasikan Songkran yang merupakan perayaan tradisional Tahun Baru Thailand sebagai Warisan Budaya Takbenda. Akreditasi ini mengakui signifikansi budaya dan nilai berkelanjutan dari Songkran yang bergabung dengan festival Loy Krathong, Khon (2018), pijat ala Thai (2019), dan Nora (2021) dalam daftar kekayaan budaya takbenda Thailand.

Tentang Festival

Songkran adalah Tahun Baru Thailand dan diperingati sebagai hari libur nasional pada tanggal 13 April setiap tahun. Namun seperti kebanyakan hal di Thailand, penduduk asli tidak segan-segan merayakannya, oleh karena itu musim liburan berlangsung selama lima hari.

Hal ini memungkinkan orang untuk kembali ke rumah untuk berlibur, tetapi juga memungkinkan wisatawan untuk berpartisipasi dalam perayaan tersebut. Meskipun Tahun Baru masih dirayakan pada tanggal 1 Januari, Songkran adalah Tahun Baru resmi Thailand hingga tahun 1940 ketika menjadi hari libur nasional, memberikan kesempatan untuk menjunjung tinggi tradisi dan bersenang-senang.

Songkran diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘pindah ke’, mengacu pada orbit matahari yang masuk ke setiap rumah zodiak. Di Thailand, istilah Songkran dikaitkan dengan matahari yang memasuki Aries pada bulan April, menandakan berakhirnya siklus 12 bulan dan dimulainya tahun matahari baru.

Festival Air Tahun Baru Songkran yang terkenal di Thailand ditetapkan pada 13-15 April tahun ini. Perayaan di beberapa daerah seperti Pattaya dan Chonburi telah diperluas hingga mencakup Festival Wan Lai.

Air Itu Sebagai Simbolis

perayaan festival air songkran thailand

Air mempunyai beberapa konotasi. Air dibuang untuk membersihkan dan menyucikan kejahatan, kemalangan, dan perbuatan salah di tahun sebelumnya sehingga memberikan lembaran baru untuk tahun yang akan datang. Air juga dikaitkan dengan kesuburan pada masa Songkran. Ini adalah musim di mana masyarakat Thailand secara tradisional berusaha mendatangkan hujan untuk memastikan hasil panen yang baik dan melimpah.

Ritual

Meskipun perang air dan suasana pesta menarik perhatian sebagian besar pengunjung, ada lebih banyak hal yang bisa dimeriahkan dalam perayaan tersebut. Bagi umat Buddha Thailand, Festival Air Tahun Baru Songkran kaya akan tradisi dan makna.

Tradisi simbolis festival ini sangat menarik. Songkran adalah perayaan tahunan di seluruh negara bagian di Thailand dengan perang air yang terjadi di desa-desa dan kota-kota di seluruh negeri. Meskipun percikan air mungkin merupakan aspek yang lebih menyenangkan dari Songkran, jalan raya utama dibatasi dengan tali dan dijadikan tempat pertarungan air.

Ini dianggap sebagai hari libur penyatuan, dimana mereka yang telah pindah dari keluarganya kembali ke rumah masing-masing untuk bertemu dengan orang yang lebih tua dan orang yang dicintai. Sebab menampilkan penghormatan kepada leluhur merupakan komponen penting dalam tradisi Songkran. Merupakan kebiasaan juga untuk mengunjungi kuil setempat dan memberikan makanan kepada para biksu.

Sebuah Perhatian

gajah festival air songkran thailand

Selama festival, mungkin akan melihat gajah dan pawangnya berparade di jalan-jalan, tubuh mereka dihiasi dengan bunga dan hati. Banyak gajah di Thailand yang dipekerjakan oleh perusahaan wisata yang membebankan biaya kepada wisatawan untuk menunggangi dan memandikan binatang tersebut, sebuah atraksi wisata yang menguntungkan namun juga suatu masalah di kerajaan tersebut.

Gajah Asia dianggap terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), namun wisatawan sering kali ingin menikmati romantisme pengalaman budaya yang melibatkan menunggangi dan berinteraksi dengan gajah-gajah ini.

Tempat Untuk Menikmati Festival Songkran

Meskipun festival ini diadakan di seluruh Thailand, ada beberapa tempat penting yang bisa dikunjungi.

Silom, Bangkok

Massa mengamuk di bentangan lima km di Bangkok. Berbekal penyemprot air dengan berbagai ukuran dan bentuk, orang-orang saling menyerang. Skywalk BTS menjadi tempat yang bagus untuk menyaksikan pemandangan riuh di bawah.

Jalan Khao San, Bangkok

Tempat lain di mana masyarakat lokal dan orang asing mengadakan perayaan yang riuh.

Phra Athit Road, Bangkok

Nikmati program budaya lokal dan acara-acara yang menghasilkan prestasi.

Sanam Luang, Bangkok

Patung suci Buddha dari Museum Nasional dibawa keluar dalam prosesi agar masyarakat memercikkan air ke atasnya. Patung tersebut kemudian disimpan di alun-alun, di seberang Grand Palace agar orang-orang dapat memberikan penghormatan.

Rattanokosin Square, Bangkok

Kuil-kuil di sini dipenuhi oleh umat beriman. Stupa terbuat dari pasir dan dihiasi dengan bendera dan bunga.

Ayutthaya

Upacara pemberian jasa diadakan di Viharn Phra Mongkolborpit.

Chiang Mai

Prapeni Pi Mai Mueang berlangsung selama lima hari. Gerbang Pae dan area Parit adalah tempat yang harus dituju untuk mengikuti pertarungan air. Membangun stupa pasir dan aktivitas kebajikan lainnya terjadi di Wat Phra Sing.

Posted in Thailand

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *